CARA KERJA DAN SISTEM TRANSMISI MOTOR MATIC

July112013
kategori-mot.jpg
Bagaimana cara kerja dan sistem transmisi motor matic? Yang mana pengendara motor tak perlu lagi memindah mindahkan gigi persneling untuk melaju dari lambat menjadi cepat dan sebaliknya.
Pada postingan kali ini saya akan share bagaimana cara kerja dan sistem transmisi motor matic secara sederhana agar pembaca yang awam tentang teknik mesin dapat mudah memahaminya.
Pada transmisi motor matic menggunakan sistem yang disebut CVT (Continuously Variable Transmision).
yaitu putaran mesin diteruskan ke roda belakang (sebagai pendorong motor) melalui dua buah pully (depan dan belakang) dan seutas sabuk atau yang kita kenal dengan nama van belt (v belt). Kedua pully ini memiliki alur (tempat dudukan van belt) yang dapat berubah ubah diameter lingkarnya sesuai dengan kecepatan putaran mesin (diukur dengan satuan rpm/rotasi per menit)
Saat mesin berputar pully(depan) ikut berputar dan diteruskan ke pully belakang. maka pully belakang ikut berputar. Namun pada putaran rendah roda belum ikut berputar. Hal ini disebabkan pully belakang dirancang mirip kopling otomatis yang memanfaatkan gaya centrifugal. Dimana pada putaran rendah daya centrifugal tidak mampu mendorong kampas yang ikut berputar untuk mencengkeram tromol roda belakang agar roda ikut berputar. Semua ini sudah diatur dan dikemas jadi satu gear box set atau yang sering disebut sebagai gardan.
Pada putaran 2500rpm kampas mulai mekar oleh tenaga centrifugal dan roda belakang mulai ikut berputar. Semakin tinggi rpm semakin kuat kampas pada pully belakang mencengkeram tromol sehingga roda ikut berputar. Dan pada saat tercapai torsi maksimal kampas tak dapat lagi bertambah mekar.
Pada tahap ini kecanggihan kedua pully mulai berperan. Semakin tinggi rpm mesin pully depan semakin memperbesar diameternya. Karena diameter pully depan membesar berarti dibutuhkan van belt yang lebih panjang ?. Tidak. Karena pully belakang dengan fleksibel dapat mengimbangi mengecil. Sehingga ukuran panjang van belt bisa tetap pas dalam perubahan2 besar dan kecilnya pully. Perubahan membesar dan mengecil pully ini sudah dirancang sedemikian rupa agar mesin dapat bekerja wajar saat motor berjalan pelan maupun melaju kencang.
Hal lain yang perlu diketahui tentang van belt adalah v-belt ini sebagai pengganti rantai (pada motor yang salah rantai) yang bertugas meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang. Letak v-belt ini tertutup dan dilindungi oleh bak penutup agar terhindar dari kotoran atau debu yang bisa mempercepat ausnya v-belt tersebut. Konstruksinya dirancang sedemikian rupa agar v-belt awet dan panjang umur. Yakni dengan dilengkapi kipas pendingin dan lobang ventilasi udara yang terlindung.
itulah yang dapat saya uraikan tentang cara kerja dan sistem transmisi motor matic. Dengan bahasa lugas dan sederhana agar mudah dipahami oleh pembaca yang awam tentang bahasa tekniki
Semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian.
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

11 tanggapan untuk "CARA KERJA DAN SISTEM TRANSMISI MOTOR MATIC"

meta pada 11:39, 13-Jul-13

Oo.. Gitu ya. Pantas dinyalain langsung ngacir aja.Hehehe

FULL MP3 REGGAE pada 03:08, 17-Jul-13

Abis Folow Blog ini sob! MANTEP!
FOLOW BACK Ya Sob!

FOLOW BACK Ya Sob!

FOLOW BACK Ya Sob!
http://mp3reggae.mywapblog.com

Imam Sopingi pada 23:38, 17-Jul-13

@FULL MP3 REGGAE,
thanks sob, udah follo back. Sukses.

gaza pada 19:23, 27-Jul-13

hmm..<br />
Next>>

Jacky pada 14:54, 10-Sep-13

Apakah sistem ini bisa diterapkan pada motor jenis bebek gan? Trus versnelingnya ?..

Imam Sopingi pada 20:23, 10-Sep-13

@Jacky ,
tentu saja bisa. Namun ada beberapa bagian yang harus dirombak.
Seperti produk honda ada bebek matik (lupa namanya /mirip revo). Konstruksinya mirip vario atau beat.

baim pada 09:51, 11-Jan-14

ikut baca2 boss nambah ilmu

Grace pada 01:08, 14-Mei-14

I’ve been browsing on-line greater than three hours as of late, yet I by no means found any interesting article like yours. It’s lovely worth enough for me. In my view, if all website owners and bloggers made just right content material as you probably did, the web might be much more helpful than ever before. “When there is a lack of honor in government, the morals of the whole people are poisoned.” by Herbert Clark Hoover.
Grace http://www.pimpblog.nl/o2btall/115324/Add+Height+With+Shoe+Insoles.html

Trackman pada 01:01, 28-Mei-14

Selamat malam mbah, tolong masalah transmisi motor matic ini diperjelas mengenai cara mengganti van belt. Bagai mana membongkar dan memasangnya.
Sebelumnya terimakasih.

Imam Sopingi pada 06:59, 28-Mei-14

@Trackman,
oke, terimakasih juga sarannya. Mudah2an dalam waktu dekat saya edit posting ini, atau nanti saya posting di lain halaman.

romeo pada 21:19, 07-Jun-14

permisi gan, gimana cara mengatasi bunyi "crak ... " pada starter vario maupun honda beat . Suara starternya keras sekali mengganggu pendengaran. Bikin risih..

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas