RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR

September202013
Cara menghitung luas dan keliling suatu bangun datar adalah bagian paling dasar dalam ilmu GEOMETRI.
Jadi penguasaan rumus dasar tentang bangun datar menjadi sangatlah penting untuk dikuasai seseorang untuk bisa menghitung dan menentukan ukuran bangun dan bentuk yang lebih kompleks.

Berikut ini saya sajikan cara menghitung luas dan keliling bujur sangkar, belah ketupat, lingkaran, segitiga dan bangun datar lainnya secara detail dan sejelas jelasnya.
1. RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING BUJUR SANGKAR
Adalah bangun datar yang memiliki 4 sisi sama panjang dan keempat sudutnya 90 derajat (siku siku).
bujur-sangkar.jpg
Cara menghitung luas dan keliling bujur sangkar adalah :
Luas = sisi x sisi (sisi kuadrat).
Keliling =4 x sisi.

2. RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING PERSEGI PANJANG
persegipanjang.jpg
Luas = panjang x lebar.
Cara menghitung luas dan keliling persegi panjang adalah :
L = p x l
Keliling = 2 x (panjang + lebar)
K = 2(p + l)

3. RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING BELAH KETUPAT
Belah ketupat mempunyai 4 rusuk yang sama panjang seperti bujur sangkar.
Akan tetapi tidak sama panjang diagonalnya.
belahketupat.jpg
Cara menghitung luas dan keliling belah ketupat adalah :
Luas = 1/2 (diagonal x diagonal)
L = 1/2(dxd)

4. RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING JAJARAN GENJANG
Jajaran genjang memiliki rusuk yang sama dengan persegi panjang tetapi sudut studutnya tidak siku siku (90') seperti persegi panjang.
jajargenjang.jpg
Cara menghitung luas dan keliling jajaran genjang adalah :
Luas = a x t
Dimana a adalah rusuk AB , dan t adalah garis bantu yang membentuk sudut 90' terhadap rusuk AB (lihat gambar)
Keliling = 2x (panjang AB+BC)

5. RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN
lingkaran.jpg
Cara menghitung luas dan keliling lingkaran adalah :
Luas = π.r2
π= Pi adalah sebuah angka tetap 3,14 atau 22/7.
Keliling = 2π.r atau π.D
r adalah jari jari
D adalah diameter lingkaran.

6RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING SEGITIGA
a. RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING SEGITIGA SIKU SIKU
s3siku.jpg
Cara menghitung luas dan keliling segitiga siku siku adalah :
Luas = 1/2 x panjang x lebar
(1/2 x p x l )
Keliling = panjang + lebar + sisi miring.
Untuk menghitung panjang sisi miring digunakan phytagoras.
Yakni a2+b2=c2 dimana a2 dan b2 adalah sisi siku siku dan c2 adalah sisi miring.
b. RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING SEGITIGA TAK BERATURAN
s3takbrtrn.jpg
Untuk menghitung segitiga tak beraturan harus menggunakan garis bantu membuat sudut bantu siku siku.
Luas segitiga ABC diatas = luas bidang G + H.
Garis "y" adalah garis bantu agar terbentuk sudut 90' pada titik sudut D.
Demikian juga untuk menghitung kelilingnya harus mencari dulu panjang sisi dengan bantuan garis bantu yang membentuk sudut 90' berdasarkan bidang G dan H untuk mencari rusuk sisi miring dulu.

7. RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING TRAPESIUM
trapesium.jpg
Trapesium adalah bangun segitiga sama sisi yang terpancung pada sudut tempat bertemunya sisi yang sama panjang.
Luas Trapesium adalah 1/2 dari panjang kedua sisi sejajar x tinggi.
Dapat dituliskan :
L = 1/2(AB + CD) X t .
Saya akan terus update dan menambahkan matematika dalam postingan selanjutnya.
Semoga dapat membantu dan mengingatkan yang sudah lupa pelajaran matematika.
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

56 tanggapan untuk "RUMUS CARA MENGHiTUNG LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR"

deniar pada 20:47, 29-Sep-13

mantaf gan uraian cukup jelas dan mudah difahami. Mksh.

Nn pada 11:32, 01-Okt-13

Kalau bisa tolong diposting juga tentang cara menghitung volume gan.. Biar lebih oke..
Ya kan.?

Imam Sopingi pada 09:17, 10-Nov-13

@sila,
oke. Mudah2an bermanfaat dlm kehidupan sehari hari.

dfs pada 15:57, 12-Nov-13

dsdsds

arsal pada 20:14, 18-Nov-13

kenapa ngga ada rumus pitagorasnya

Imam Sopingi pada 21:28, 18-Nov-13

@arsal,
kan sudah ada tuh di uraian tentang segitiga siku siku..

taufik pada 20:04, 28-Nov-13

mau tanya nue pak, saya sedang mencari keliling segitiga sama kaki yang mana panjang alasnya 4cm dan tingginya 5cm gimana itu pak

chaerun pada 17:57, 04-Des-13

rumus keliling trapesium mana?

Imam Sopingi pada 18:23, 04-Des-13

@chaerun,
wah. Sampe ada yang ketinggalan ya keliling trapesium.
Oke , setelah komentar ini langsung saya edit untuk menambahkan cara menghitung keliling trapesium.
Makasih ya koreksinya..

erfan pada 09:32, 18-Des-13

pak mau tanya menghitung panjang dalam lingkaran:
saya pesan barang dengan panjang 75 M, tapi kondisi sudah berbentuk gulungan. Bagaman cara mengecek/ menghitung benda tersebut benar dengan panjang 75 M?

Imam Sopingi pada 11:26, 18-Des-13

@erfan,
untuk menghitung panjang tali dalam gulungan tentu tidak bisa dengan angka tepat. Karena panjang tali lilitan dalam lebih pendek dari tali lilitan luar. Untuk itu diperlukan hitungan "kira2".
Cara paling mendekati angka sebenarnya adalah dengan rumus :
1/2(i e) x n.
Dimana : i = panjang lilitan dalam,
e =panjang lilitan luar,
n = jumlah lilitan.
Misal : panjang tali lilitan luar 80cm, panjang tali lilitan dalam 70cm, jumlah gulungan 100 lilitan, maka panjang tali =1/2(80 70) x 100
=1/2(150) x 100
=75 x 100
=7500cm
=75m

annisa pada 16:54, 02-Mar-14

makasih ya rumus nya

Imam Sopingi pada 17:51, 02-Mar-14

Yup.. Sama2. Jika ada kritik saran silahkan diposting disini demi perbaikan.

davina pada 20:44, 25-Mar-14

mksh bgt...
sgt brmanfaat skli untuk membantu anak ngerjain PRnya,maklum lm ga buka2,
upa2 ingat,heee....

Imam Sopingi pada 00:31, 26-Mar-14

@davina,
makasih juga udah buka2 blog tempat berbagi ini.

jannah pada 05:24, 11-Apr-14

Kalau persegi,sisinya 19cm,keliling persegi tersebut?

Imam Sopingi pada 13:22, 11-Apr-14

Keliling persegi =4xsisi
=4x19
=76

Perdana pada 09:03, 25-Mei-14

Trimakasih rumus2nya. Mudah difahami penjelasannya

Fahmi pada 19:40, 14-Agu-14

Woww

Imam Sopingi pada 20:30, 14-Agu-14

@Fahmi,
kenapa nih,?!?!?

swi de sesrami pada 20:51, 26-Sep-14

Makasih infonya tapi di lengkapin lagi lebih TOP BGT

Imam Sopingi pada 21:12, 26-Sep-14

@swi de sesrami,
makasih sarannya.

untuk kesempurnaan akan saya up date terus

Discha pada 10:38, 19-Okt-14

Makasih yah..... Semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan

Imam Sopingi pada 18:29, 19-Okt-14

@Discha,
yup. Sama2.

farin pada 18:29, 27-Nov-14

tlng kasih contoh yg segitiga tak beraturan

Imam Sopingi pada 20:53, 27-Nov-14

@farin,
pada contoh diatas sudah ada contohnya. Yang jelas ciri2 segitiga tak beraturan memiliki panjang sisi yang berbeda dan sudut yang tak beraturan.(tidak ada sudut siku2)

bion pada 19:56, 11-Des-14

Keren rumus nya

Rahma pada 06:48, 16-Jan-15

mau tanya, segitiga itu kan 4 macam, untuk keliling segitiga sembarang bagaimana? keliling segitiga sama kaki pun belum ada

Galuh Chandra kirana pada 08:58, 18-Jan-15

Tolong kasih tau cara mencari sisi trapesium yang belum diketahui

pitria pada 21:16, 28-Jan-15

Aku mau menanya sebutkan sifat sifat bangun datar segitiga yg kalian ketahui

zai pada 13:06, 05-Peb-15

Rumus mencari luas bangun datar yg tak beraturan gimana ya pak?
Misalnya ada bngunan datar berbentuk bunga,

Imam Sopingi pada 14:54, 05-Peb-15

@zai,
untuk menghitung bangun datar tak beraturan tentu harus memperhatikan bentuk bangun datar itu sendiri.
Ketika dihadapkan pada suatu gambar tak beraturan maka harus dianalisa dulu gambar tersebut dengan beberapa garis bantu sehingga bentuk bangun datar tadi akan terlihat sebagai gabungan bentuk dari segitiga, lingkaran atau setengah lingkaran, jajaran genjang, belah ketupat dsb. Lalu masing2 batas yang ditandai dengan garis bantu tadi masing2 dihitung luasnya lalu ditambahkan.
Misal bangun menyerupai kelopak bunga dengan 6 helai bunga , maka bangun tersebut dapat terdiri dari :
6 buah bangun setengah lingkaran, ditambah 6 buah segi tiga.
Semoga bentuk yang lain bisa dianalisa sendiri.

aprilia desita maharani pada 18:03, 05-Peb-15

bagai mana cari rumus pita goras garis miring

Imam Sopingi pada 19:11, 05-Peb-15

@aprilia desita maharani,
pada segitiga siku2 A B C dimana titik B adalah sudut 90 derajat , maka panjang garis A C (sisi miring) dapat dihitung dengan persamaan :
AB kuadrat ditambah BC kuadrat = AC kuadrat.
Jadi panjang AC = akar dari AC kuadrat.
(mohon maaf ada kendala penulisan lambang matematika)

dani pada 21:29, 09-Peb-15

berapa luas tanah dibawah ini ?
368,5 meter
200 meter
149,5 meter
111 meter

Imam Sopingi pada 11:30, 10-Peb-15

@dani,
harus melihat bentuk bangunnya dahulu agar dapat menghitung luasnya. Dalam hal ini agar dapat melihat dimana ada klue / petunjuk (sudut siku2, garis bantu, dsb) sehingga dapat menentukan luas semuanya.

dhe'aan pada 21:40, 13-Peb-15

Gimana ?

sigit nugroho pada 22:21, 01-Mar-15

Sebuah bagian segitiga sama sisi mempunyai 8rusuk 8cm berapa kah keliling nyaa

Wanti sulistiawati pada 13:48, 06-Mar-15

Ko gak ada cara menghitung luas layang layang sih

Ervina pada 05:39, 17-Mar-15

Kalau mencari luas dam keliling segitiga sama kaki gimana???

Ervina pada 05:43, 17-Mar-15

Kalau keliling trapesium????

Ervina pada 05:44, 17-Mar-15

Kalau keliling trapesium???

Imam Sopingi pada 12:06, 17-Mar-15

@Ervina,
luas segitiga sama kaki = 1/2 luas persegi panjang.
Maka harus dicari dulu tinggi (sebagai garis bantu) tepat pada titik simetri lipat (membentuk sudut siku2). Misal segitiga sama kaki :
panjang kedua kaki masing2 adalah 6 dan panjang alas adalah 8 maka tingi =5 (menggunakan rumus pytagoras). Sehingga dapat dihitung luas = 1/2 (5 x 6) = 15.
Untuk keliling tinggal menjumlahkan panjang dua kaki ditambah panjang alas.

Dhea pada 22:29, 30-Mar-15

Mau tanya pak, kalau mencari 2 lingkaran yang orthobonal itu gimana cara ?

Imam Sopingi pada 00:17, 31-Mar-15

@Dhea,
barangkali yang dimaksud 2 lingkaran yang orthoganal ya atau dalam bahasa sehari hari lebih mudah dipahami dengan kalimat persesuaian bentuk dua lingkaran terhadap perpotongan oleh garis dengan lingkaran maupun lingkaran dengan lingkaran.

yeremia pada 16:07, 08-Apr-15

t'rima kasih y atas rumusnya

alief kazekage pada 18:13, 20-Apr-15

mantav rumus ny @

Khaulah pada 13:21, 02-Mei-15

Ma'af kalaw cra untuk keliling persegi gimana yah? Tolong di jelaskan yach...

m.jeilseo pada 22:42, 05-Mei-15

Maaf kalaw cara untuk mncari keliling bagunan datar campuran antara persegi dan persegi panjang gimana yah? Tolong saya soalnya saya lgi un nihh tolong y bantuin saya. Thanks

Imam Sopingi pada 13:36, 06-Mei-15

@m.jeilseo,
Intinya menghitung kelilimg persegi panjang adalah dgn menjumlahkan keempat panjang rusuknya.
Bisa menjumlahkan 2 x rusuk yang sama panjang. Atau 4 x rusuk jika keempat rusuknya sama panjang.

Imam Sopingi pada 13:40, 06-Mei-15

@Khaulah,
Jawaban sama seperti pertanyaan sdr m.jeilseo

ian pada 20:35, 07-Mei-15

Keliling alas prisma yang alasnya brrbentuk segitiga siku siku

wili pada 20:00, 17-Mei-15

lalu,bagaimana cara menghitung luas bangung tidak beraturan seperti daun,genteng ,dll.??

alifansyah pada 14:07, 02-Jun-15

maaf mau tanya...
ibu mempunyai kue berbentuk lingkaran dibagikan ke anak" sama besar.jika panjang jari" kue 14 cm dan setiap anak mendapatkan kue seluas 102 ⅔ cm²,maka banyaknya anak ibu tsb adalah...(π=22/7)
tolong di jawab ya
terima kasih

Imam Sopingi pada 20:22, 03-Jun-15

@alifansyah,
Jika dihitung luas kue lingkarannya = 14²x 22/7 = 616
Jika dibagi 102⅔ = 6
Jadi jumlah anak ada 6

Sentia pada 16:00, 02-Jul-15

Kalau tentukan panjang sisi miring dan luas trapesium. Gmana yah kak.?

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas